Workshop Standar Pelayanan Minimal (SPM) Kota Yogyakarta Tahun Anggaran 2024

Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta mengadakan workshop Standar Pelayanan Minimal (SPM) Tahun Anggaran 2024 di Ballroom Kalasan, Hotel Cavinton pada tanggal 20 Juni 2024. Workshop ini resmi dibuka oleh Bapak Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, yang turut menghadirkan Pejabat pelaksana harian (plh.) Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah (Sesdirjen Bina Bangda) Bapak Muhammad Zamzani Baharuddin Tjenreng ST. M.Si. beserta Tim Sekber SPM dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai narasumber. 

Dalam sambutannya, Bapak Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat menekankan pentingnya penerapan SPM sebagai landasan dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat. Beliau menyatakan bahwa dengan penerapan SPM yang baik, pemerintah dapat memastikan bahwa setiap warga kota mendapatkan pelayanan yang layak dan sesuai standar yang telah ditetapkan, Acara Workshop ini juga bertujuan untuk memberikan pembekalan dan informasi kepada Perangkat Daerah dalam meningkatkan kualitas penyusunan dan pelaporan SPM tahun 2024, agar nantinya laporan dari setiap OPD/Unit Kerja Pemerintah Kota Yogyakarta yang mengampu SPM dapat lebih terstruktur, penyampaian data lebih baik dan berkualitas.

Pejabat plh. Sesdirjen Bina Bangda Kemendagri, sebagai narasumber utama, memberikan wawasan mendalam tentang kebijakan dan strategi nasional terkait SPM. Dalam paparannya, beliau menjelaskan langkah-langkah yang harus diambil oleh pemerintah daerah dalam mengimplementasikan SPM secara efektif dan efisien. Beliau juga menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dalam mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas.

Selama workshop, Tim Sekretariat Bersama (Sekber) SPM pusat yang berperan aktif dalam memberikan materi dan panduan mengenai penerapan SPM di daerah. Materi yang disampaikan oleh narasumber tidak hanya berfokus pada teori, tetapi juga praktik pelaporan untuk dapat mendongkrak capaian SPM Kota Yogyakarta. Peserta diajak untuk melakukan simulasi dan studi kasus yang menggambarkan situasi nyata di lingkungan kerja mereka, dengan tujuan memperkuat pemahaman dan keterampilan dalam menerapkan dan pelaporan SPM.

Bapak Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat juga menekankan pentingnya kolaborasi antar instansi dalam mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas. Beliau berharap, dengan adanya workshop ini, semua instansi di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta dapat saling bekerja sama dan mendukung satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama.

Selain itu, workshop ini juga menjadi ajang untuk mengidentifikasi dan mengatasi hambatan-hambatan yang mungkin muncul dalam penerapan SPM. Peserta diajak untuk menyampaikan masukan dan rekomendasi yang dapat digunakan untuk penyempurnaan kebijakan dan prosedur pelayanan di masa mendatang.

Dengan diselenggarakannya Workshop SPM Kota Yogyakarta Tahun 2024, Pemerintah Kota Yogyakarta menunjukkan komitmen kuatnya dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Harapannya, melalui upaya ini, masyarakat Kota Yogyakarta akan merasakan manfaat dari pelayanan yang lebih baik, cepat, dan transparan. Workshop ini diharapkan menjadi langkah awal yang penting menuju perbaikan berkelanjutan dalam pelayanan publik di Kota Yogyakarta.