Fasilitasi Kegiatan Koordinasi Forum Konsultasi Publik (FKP) Registrasi Sosial Ekonomi Tahun 2023 oleh BPS Kota Yogyakarta

Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Bagian Tata Pemerintahan memfasilitasi kegiatan Koordinasi Forum Konsultasi Publik (FKP) oleh BPS Kota Yogyakarta dalam rangka tindak lanjut dari kegiatan Registrasi Sosial Ekonomi. FKP ini diselenggarakan selama 2 s.d. 21 Mei 2023 di masing-masing kelurahan se-Kota Yogyakarta dengan komposisi di setiap kelurahan yakni 1 orang fasilitator, 2 orang asisten fasilitator, 1 orang administrator. FKP Regsosek merupakan  suatu kegiatan konsultasi dengan tokoh komunitas di wilayah setempat mengenai ketepatan hasil pengelompokan kesejahteraan keluarga berdasarkan model Proxy Mean Test (PMT). Hal ini sebagai bentuk partisipasi dan kontrol sosial dalam penyusunan basis data sehingga diperoleh kesepakatan hasil pengelompokan kesejahteraan keluarga pendataan awal regsosek. FKP Regsosek 2023 sebagai tindak lanjut pendataan awal Regsosek pada bulan Oktober sampai dengan November 2022 lalu. BPS Kota Yogyakarta melaksanakan kegiatan ini bertujuan untuk melakukan validasi silang antara hasil pengolahan dengan pengetahuan masyarakat yang kemudian diputuskan dengan mengedepankan musyawarah mufakat.

Pelaksanaan FKP Regsosek diharapkan adanya dukungan dari Mantri Pamong Praja dan Lurah se-Kota Yogyakarta agar FKP Regsosek 2023 dapat berjalan dengan baik, lancar dan serius. Data yang akan dihasilkan  adalah data yang sangat penting dan strategis yang akan digunakan dalam perencanaan pembangunan di Kota Yogyakarta jangka pendek, menengah, maupun panjang.