Sosialisasi Penyelenggaraan Nama Rupabumi (Toponim) oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) melalui Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Yogyakarta

Badan Informasi Geospasial (BIG) mengadakan sosialisasi penyelenggaraan Nama Rupabumi (Toponim) yang bekerjasama dengan Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan secara langsung di Burza Hotel Yogyakarta pada tanggal 26-29 September 2022. Acara ini diharapkan menjadi awal kegiatan penyelenggaraan Nama Rupabumi di Kota Yogyakarta. Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, juga turut hadir dalam kegiatan ini. Penyelenggaraan Nama Rupabumi khususnya di Kota Yogyakarta diperlukan konsistensi dan semangat bersama dalam menyukseskan kegiatan ini. Karena hal ini merupakan kegiatan pertama kali yang diselenggarakan oleh Badan Informasi Geospasial bersama dengan Pemerintah Kota Yogyakarta. Penyelenggaraan kegiatan Nama Rupabumi ini lebih jauh dimaknai sebagai kedaulatan dan keamanan wilayah NKRI, melestarikan nilai-nilai budaya, serta mewujudkan tertib administrasi pemerintahan, khususnya yang ada di Kota Yogyakarta. Selain itu penyelenggaraan Nama Rupabumi perlu dilaksanakan secara tertib, terpadu, berhasil guna, dan berdaya guna serta menjamin keakuratan kemutahiran dan kepastian hukum.

Dalam acara ini, mengundang peserta yang tergabung sebagai tim baik sebagai verifikator maupun sebagai surveyor. Tim yang tergabung sebagai verifikator yaitu beberapa OPD terkait, Kemantren se-Kota Yogyakarta, dan personil Bagian Tapem, sedangkan sebagai surveyor yaitu CV. Anagata Sasmitaloka Consulting yang merupakan pihak ketiga dan Kelurahan se-Kota Yogyakarta. Pada acara tersebut dijelaskan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) mulai dari dasar kegiatan penyelenggaraan Nama Rupabumi, penjelasan pengaplikasian Sistem Informasi Nama Rupabumi (SINAR) hingga praktik langsung di lapangan dalam penginputan data. Antusiasme peserta terlihat dari kehadiran dan semangat saat menjalani seluruh rangkaian kegiatan dari hari pertama hingga hari terakhir.